UNIKOM
Website Perwalian OnlineAda pertanyaan atau kesalahan data, silahkan hubungi Sekretariat Prodi atau Unikom Admisi
Tahun Akademik 2017/2018 Semester Ganjil
Versi Mahasiswa

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS

 

Login

 

Proses login digunakan untuk memvalidasi anda agar bisa masuk dan dapat menggunakan semua fasilitas yang ada dalam sistem.

Ada beberapa aturan dalam proses login ini, yaitu :

  • Untuk melakukan login pertama kali, username dan password default adalah NIM anda
  • Setelah login, disarankan agar langsung mengganti password dan email

Contoh layar Login :

Melihat Profile

 

Jika anda ingin melihat data pribadi anda, anda dapat melakukannya dengan mengklik link Profile yang ada pada menu sebelah kiri.

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan ketika anda melihat profile adalah :

  • Mengganti Alamat Email
  • Mengganti Password

Contoh layar Profile :

Mengganti Email

 

Mengganti alamat email sangat penting. Email akan digunakan sebagai alat untuk menginformasikan status perwalian anda, misalnya persetujuan/penolakan dari dosen wali.

Langkah-langkah mengganti email adalah :

  • Klik link "Profile" pada menu yang tersedia. Anda akan dapat melihat profile anda.
  • Isi email anda pada textbox yang tersedia. Klik tombol "Update Email" untuk menyimpan perubahan.
  • Jika berhasil akan menampilkan keterangan bahwa email telah disimpan

Mengganti Password

 

Ketika pertama kali login, setiap mahasiswa menggunakan username berupa NIM dan password juga berupa NIM. Sebaiknya password anda langsung diubah ketika pertama kali melakukan login. Jika tidak diganti, maka ada kemungkinan data perwalian anda dapat dilihat atau diubah oleh orang yang tidak berhak.

Langkah-langkah mengganti password adalah :

  • Klik link "Profile" pada menu yang tersedia. Anda akan dapat melihat profile anda.
  • Isi password sekarang dan password baru anda pada textbox yang tersedia. Password minimal 6 karakter. Klik tombol "Update Password" untuk menyimpan perubahan.
  • Jika berhasil akan menampilkan keterangan bahwa password telah disimpan. Jika anda telah mengeset email, maka informasi perubahan password akan terkirim ke email anda.

  • Contoh Email Informasi Pergantian Password

Mengisi Formulir Rencana Studi (FRS)

 

Proses mengisi Formulir Rencana Studi merupakan proses utama dalam situs ini. Mahasiswa dapat memilih mata kuliah apa yang akan diambil pada semester yang akan ditempuh. .

Langkah-langkah mengisi Formulir Rencana Studi adalah :

  • Mengklik link "Pengisian FRS"
  • Memilih matakuliah yang akan diambil. Banyaknya SKS yang diambil disesuaikan dengan paket yang biasanya atara 18-20 SKS. Ada pun maksimal SKS yang boleh diambil adalah 24. Jika SKS yang anda ambil lebih dari paket, maka ada kemungkinan ditolak oleh dosen wali jika IP pada semester sebelumnya tidak memenuhi.
  • Klik tombol "Simpan" yang ada di bagian bawah halaman web. Isi catatan untuk dosen wali jika ada pesan yang ingin anda sampaikan.
  • Jika berhasil maka akan menampilkan layar seperti di bawah ini
  • Jika alamat email telah diisi, maka data perwalian anda akan terkirim ke email anda secara otomatis.
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu dosen wali untuk menyetujui FRS anda

Melihat Formulir Rencana Studi (FRS)

 

Lihat FRS digunakan untuk melihat status FRS anda. Untuk melihat FRS, cukup dengan mengklik link "Lihat FRS" yang ada pada menu.

Melihat History Nilai

 

Fitur ini digunakan untuk melihat nilai-nilai yang telah didapat oleh mahasiswa di semua semester yang telah ditempuh. Untuk melihat history nilai, klik link "Lihat History Nilai" yang ada di menu

Contoh layar History Nilai :


Copyright © 2010 Direktorat ICT & Multimedia - UNIKOM.